Tips Membuat Kerupuk Nasi Bawang Yang Mudah dan Enak


Mungkin anda sering nikmatin yang namanya kerupuk nasi bawang. Kerupuk nasi bawang adalah salah satu makanan ringan favorit di negara indonesia yang biasanya di santap sebagai lauk pelengkap saat kita makan.

Jika andaa berminat berwirausaha memproduksi kerupuk nasi bawang atau hanya ingin mencoba cara resep membuat kerupuk nasi bawang kami akan menyediakan resep membuat kerupuk nasi bawang dengan baik dan benar yang pasti lagi rasanya pasti tidak mengecewakan.

Sebagai makanan ringan pada umumnya kerupuk nasi bawang telah menjadi makanan pelengakap hidangan seperti nasi goreng, gado-gado, rujak dll. Kerupuk nasi bawang adalah makanan tradisional yang sangat dikenal semua kalangan dengan rasa yang gurih, renyah dan yang jelas enak. Meskipun kerupuk nasi bawang adalah makanan tradisional namun peminat kerupuk nasi bawang tak kalah banyaknya dengan peminat cemilan lainya.



Pada umumnya krupuk terbuat dari adonan tepung tapioka dan dicampur dengan bahan perasa seperti udang dan ikan. setelah itu dikukus hingga matang kemudian di iris tipis dan dijemur hingga kering lalu digoreng dengan minyak.



Sejarah krupuk
Konon sejarah dari krupuk diambil dari kisah nyata tentang keluarga miskin yang memiliki banyak anak. Sehingga untuk bertahan hidup mereka rela makan nasi dengan lauk sawut (ketela pohon yang diserut/diparut). Nah,,,,awal pembuatan sawut, yaitu pertama-tama ketela pohon diparut kemudian diberi air. setelah itu, parutan ketela pohon yang tercampur air diperas dan diambil sarinya. lalu diendapkan. kemudian endapan tersebut dijemur dan jadilah tepung tapioka. lalu tepung tersebut diolah menjadi krupuk.


Bahan-bahan kerupuk nasi bawang
    200 gr nasi putih *nasi boleh sisa kemaren atau nasi baru*
    7 biji bawang putih
    1 sdt ketumbar halus
    1 sdt merica
    1 blok kaldu sapi
    1 sdm garam (sesuaikan dg byknya nasi)
    1 sdm minyak goreng nabati
    terasi matang (flexsibel) bagi yg suka blh ditambahkan

Langkah
  1.  Bawang putih dihaluskan dulu. Setelah halus campurkan dengan kaldu blok, ketumbar halus, garam dan terasi apabila suka, merica bubuk
  2.  Campurkan semua bahan tadi kedalam nasi putih, campur hingga rata
  3.  Kukus selama 10 menit nasi putihnya. Ato sampai lunak
  4.  Diamkan sejenak. Tunggu agak dingin nasinya.
  5.  Siapkan foodgrade atau blender ikan untuk menghaluskan nasinya.
  6.  Foodgrade dikasih minyak dulu 1 sendok saja. Masukkan nasi yg telah dikukus tadi yaa blender hingga halus hingga berstekstur halus nasinya
  7.  Bentuk sesuai keinginan. Bulat2kan nasi kemudian pipihkan sampai tipis. Jemur dibawah terik matahari 1 hari sampai benar2 kering

    Setelah kering diamkan 10menit

    Siapkan penggorengan dan siap digoreng ya bunda dg api kecil.



Komentar